
penanews.id, JAKARTA – Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi berencana menggunakan semua platform media sosial (medsos) untuk mensosialisasikan Pancasila ke generasi muda.
Mulai dari Blog, YouTube hingga Tiktok. langkah itu diambil untuk menjawab permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin BPIP fokus kepada generasi milenial.
” Digital mode ini kita pakai semua, ya termasuk Tiktok Segala macam itu,” kata Yudian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II di Kompleks Parlemen, Jakarta.
Selain medsos, Yudian tak menutup kemungkinan menyosialisasikan dan membumikan Pancasila menggunakan media seperti film dan musik.
BPIP, kata dia, juga hendak menggunakan kompetisi-kompetisi olahraga untuk menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila.
Rektor UIN Sunan Kalijaga ini menambahkan, dirinya ingin menyampaikan nilai Pancasila tanpa memaksakan melalui metode indoktrinasi. Sehingga, kata dia, maka dipilih cara-cara yang lebih ramah dengan generasi muda.
“Dengan cara yang sesuai dengan psikologi anak-anak, generasi milenial,” ungkap dia. (EMBE)